Rapor Update Fitur Tokopedia: February & Maret 2010

Fitur-fitur apa saja yang baru di Tokopedia selama bulan February dan Maret 2010? Ada sepuluh fitur baru yang perlu Anda ketahui. Simak blog berikut dan baca tips-tips untuk mengoptimalkan fitur-fitur yang ada

Penjualan Grosir

Tokopedia sudah mengakomodasi penjualan barang secara grosir, dimana penjual bisa menentukan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Menu ini bisa diakses melalui menu My Shop -> Add New Product. Setelah mengisi seluruh informasi produk, click Harga Barang Grosir, dan penjual pun bisa menginput harga grosir.

Tampilan Halaman Produk dengan penjualan grosir

Minimum Order

Penjual kini juga bisa menentukan minimal pemesanan untuk setiap barang yang dijual. Fitur ini kami sediakan terutama untuk membantu para penjual yang selama ini menjual produk dengan margin keuntungan yang sangat tipis.

Tambahan Paket Dukungan Kurir yang lebih ekonomis

Beberapa pembeli yang berada pada lokasi yang terpencil, terkadang harus membayar biaya yang sangat besar untuk ongkos kirim barang, sehingga kami memutuskan untuk menambahkan paket OKE yang lebih ekonomis; untuk pembeli yang tidak keberatan menunggu barang sampai di tujuan sedikit lebih lama sebagai kompensasi biaya pengiriman yang lebih murah.

Buat para penjual, jangan lupa untuk mengupdate dukungan terhadap paket pengiriman ini di menu My Shop -> Konfigurasi Toko

Pembayaran langsung dengan saldo Tokopedia

Kini saldo Tokopedia selain bisa diuangkan kembali, juga bisa dipakai untuk langsung berbelanja di Tokopedia.

Caranya mudah, lakukan pembelian seperti biasa, dan apabila saldo mencukupi, pada saat Check Out akan ada pilihan apakah Anda ingin membayar dengan memotong saldo Tokopedia yang tersedia? Jika ya, saldo otomatis akan dipotong sesuai dengan nominal pembelian, dan order pun langsung akan diteruskan secara otomatis oleh sistem kami kepada penjual.

Nama Domain Toko

Untuk link internal pada halaman situs Tokopedia kini telah sepenuhnya membawa format namatoko.tokopedia.com.

Tips:
Hindari penggunaan www di depan namatoko Anda.
Penulisan yang benar: http://namatoko.tokopedia.com.
Penulisan yang salah: http://www.namatoko.tokopedia.com.

Link Produk mengikuti Nama Domain Toko

Jika selama ini link produk di Tokopedia masih menggunakan format http://www.tokopedia.com/product.pl?id-product, mulai bulan Maret ini, setiap link produk akan membawa nama toko dari pemilik produk tersebut dengan format http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product. Harapan kami, nama toko Anda akan semakin dikenal oleh para pengunjung Tokopedia.

Directory Shop

Saat masuk ke halaman Directory Shop, kini jika Anda memilih kategori yang lebih spesifik, maka urutan toko adalah berdasarkan penjualan paling tinggi untuk kategori bersangkutan. Pengunjung pun bisa melihat dengan jelas berapa total produk untuk kategori bersangkutan maupun total keseluruhan produk yang telah berhasil Anda jual melalui Tokopedia.

Tampilan Directory Shop Maret 2010

Contohnya pada tampilan gambar di atas, untuk kategori Toys & Hobbies, toko online Annamaniac Magic & Sport telah berhasil menjual 235 produk dari kategori Toys & Hobbies. Sementara total keseluruhan produk yang telah berhasil di jual dari seluruh kategori adalah 319.

Featured Shop

Tokopedia juga memperkenalkan fitur Featured Shop di halaman Home maupun di Directory Shop, untuk menampung toko-toko aktif yang telah berhasil melakukan penjualan dalam jumlah tertentu dengan tingkat rataan reputasi diatas rata-rata

Tips: Tokopedia akan selalu mengedepankan toko-toko online aktif yang mengikuti ketentuan dan mekanisme yang berlaku di Tokopedia dengan menyediakan fitur-fitur khusus tambahan. Jadi, tingkatkan terus penjualan Anda, dan pastikan untuk selalu mengarahkan setiap transaksi sesuai ketentuan yang berlaku di Tokopedia, sehingga peluang Anda terdaftar sebagai Featured Shop semakin meningkat.

Hentikan dukungan terhadap browser versi lama

Kami memutuskan untuk menghentikan dukungan terhadap browser versi lama, dan mengajak para Tokopediawan untuk mengupdate browser mereka ke versi terbaru sehingga fitur-fitur yang ada di Tokopedia berjalan dengan maksimal.

Cara untuk mengetahui apakah browser yang Anda pakai sudah kami support atau belum bisa diketahui saat memasuki halaman situs Tokopedia. Jika Anda tidak melihat notifikasi seperti pada gambar di bawah ini pada situs Tokopedia, berarti Anda telah menggunakan browser yang telah didukung dengan baik oleh Tokopedia

Upgrade browser Anda ke versi browser terbaru yang didukung oleh Tokopedia

Sementara jika Anda melihat notifikasi seperti pada gambar diatas pada situs Tokopedia, saran kami, update versi browser Anda ke versi terbaru sekarang juga!

Lebih ramah terhadap mesin pencarian

Tim teknis kami juga berupaya menghasilkan halaman-halaman Tokopedia yang lebih ramah terhadap mesin pencarian, dengan harapan tingkat kunjungan ke halaman produk maupun toko Anda semakin tinggi lewat kunjungan-kunjungan dari hasil-hasil pencarian di mesin pencarian ternama.

Tips

  • Upload produk Anda dengan menggunakan nama produk dan deskripsi yang jelas. Bayangkan Anda sedang berada di halaman pencarian Google, kira-kira kata-kata pencarian apa yang Anda akan pakai untuk menuju ke produk Anda? Gunakan kata-kata tersebut di deskripsi produk Anda.
  • Hindari penggunaan nama kode untuk produk. Gunakan nama produk yang jelas seperti “Kaos Kami Tidak Takut” daripada kode produk seperti “KKTT-01″

..

Bergabunglah menjadi Fans Tokopedia di Facebook, dan ikuti update Tokopedia di Twitter, untuk tidak melewatkan info-info penting seperti ini secara lebih cepat.

Tunggu juga fitur-fitur terbaru kami yang semakin inovatif dan bermanfaat bagi para Tokopediawan baik penjual maupun pembeli di rapor update fitur Tokopedia berikutnya. Atau barangkali Anda punya ide-ide fitur baru untuk Tokopedia? Langsung saja beri komentar Anda disini ;)

About these ads

30 Responses to “Rapor Update Fitur Tokopedia: February & Maret 2010”

  1. dezig Says:

    nice inpoh :)..slama ini kita kl masukin iklan online selalu pake http://www..ternyata salah ya..:)..thx

  2. kacamata.us Says:

    wah bagus info nya

  3. benny Says:

    OM, tambahkan fitur search “kota” sebab gw lebih suka cari toko yang dekat dengan gw tinggal, jadi bisa sekalian ngelencer dan bersilaturahmi dengan pemiliknya.

    • William Tanuwijaya Says:

      Pencarian toko berdasarkan lokasi sudah merupakan fitur standard di Tokopedia. Cara mengakses nya di mesin pencarian Tokopedia pilih Shop, kemudian pilih Lokasi Toko, dan masukkan kota yang diinginkan, misalnya Medan, click search, maka akan tampil toko-toko yang berasal dari kota Medan. Selamat mencoba.

  4. adityafacilitator Says:

    ide gila… angkat jempol 4… untuk semuanya saja silakan mampir di tempat saya sebab ada post tentang solusi bisnis, terimakasih diberi tumpangan lewat..

  5. Sepuluh Fitur Baru Tokopedia | DailySocial Says:

    […] besar-besaran Plasa.com Sabtu kemarin, Tokopedia menjawab, bukan dengan adu jor-joran tapi dengan membeberkan sepuluh fitur baru yang diharap bisa memicu naiknya transaksi merchant-merchant […]

  6. ihsan Says:

    10 fitur yg baru diluncurkan sangat membatu para tokopediawan yg masih baru seperti saya….trima kasih tokopedia.com…..salut…..

  7. hmd Says:

    josssss!!! the greatest shop i ever know!!!!

  8. johan Says:

    Mantabz !!!!

  9. Sam Winaldi Junaib Says:

    Go Go go tokopedia… !

    Makin asik neh berjualan/berbelanja di Tokopedi.
    dengan begini semakin membantu dan memudahkan kita dalam bertransaksi…

    ada saran juga neh..

    karena kami jualan barang elektronik… terkadang setelah barang mau dikirim pihak JNE selalu menawarkan/menyarankan untuk menggunakan PACKING KAYU (alasannya agar lebih aman dan terjamin). Kalau dipacking kayu beratnya bertambah 1 kg padahal di nota pemesanan costumer kami dari tokopedia tidak termasuk mencantumkan packing kayu…
    nah saran kami kalo bisa untuk pemesanan barang elektronik diberi option untuk dipacking kayu atau tidak.. soalnya pihak JNE tidak bertanggung jawab ketika barang rusak/pecah ketika sampai di tujuan kalau paket kita tidak dipacking kayu.
    asuransinya pun cuman untuk asuransi kehilangan bukan kerusakan.(cckck.. bener2 neh..)
    saya harap ini bisa jadi masukan yang baik untuk pihak Tokopedia.

    terima kasih..

    semoga kedepannya tokopedia menjadi THE BIGGEST and The Best Website for Online Shopping !

    • William Tanuwijaya Says:

      Saran yang bagus sekali Sam, akan kami masukkan dalam list to-do. Terima kasih atas dukungannya juga :)

  10. Telly Yu Says:

    BRAVO buat tokopedia
    HEBAT!!!ini kesan saya pertama kali…
    Ini nie toko ol yang menurut hemat saya sangat rapih..selain memang ada kantornya di Patal Senayan, juga termanage dgn baik bagi pembeli dan penjual..saya rasa memang patut diacungin jempol!!!

    Selain system tracking nya jelas, peng-aplikasi-annya juga tidak sulit..
    IT yang kuat progress nya juga sangat cepat..

    CONGRATES yah MAJU terus, Bro n Sis tokopedia!!!

    Ada beberapa catatan saya nie u/ admin tokopedia :

    1. Kendala saya begini saat saya klik judul produk misal Produk A kemudian muncul produk2nya saya klik salah satu produk misal A1, saya lihat judul produk A tetap muncul di atas lalu saya memutuskan u/ kembali kepada produk2 yang ada di A, tetapi malah muncul nya ke halaman utama yah..bisa kah dibuat link apabila saya klik judul Produk A kembali lagi ke produk2 nya A.

    2. Saya memiliki beberapa produk yg pengirimannya Free Ongkir Jabodetabek. Apakah bisa dimasukkan alternatif ini yah?

    3. Juga ada produk yg di atas 7 digit, bisakah dibantu untuk hal ini?

    Terima kasih sebelumnya yah…

    VIVA TOKOPEDIA!!!

    • William Tanuwijaya Says:

      Terima kasih atas dukungannya.
      Tokopedia akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan para seller / buyer online tanah air.

      Untuk #1 bisa dijelaskan lebih detil? Harusnya kalau klik judul produk A kembali ke produk A tidak akan kembali ke halaman home. Kalau boleh tau akses tokopedianya pakai browser apa?
      #2 Sistem Tokopedia saat ini belum bisa mengakomodasi sistem free ongkir baik untuk keseluruhan maupun untuk daerah tertentu. Kalau memang mau free ongkir, mungkin harga barangnya bisa langsung dipotong seharga ongkir ke jabodetabek. Jadi kalau yang beli dari Jabodetabek akan mendapatkan harga yang memang direncanakan sebagai harga free ongkir, sementara dari luar jabodetabek juga akan tetap bisa menikmati sedikit potongan discount seperti halnya teman-teman pembeli lainnya yang dari Jabodetabek
      #3 Saat ini Tokopedia baru mengakomodasi penjualan untuk produk-produk dibawah < Rp. 9.999.999. Secara bertahap batas maksimal ini akan kami naikkan setelah melakukan studi pasar.

      Terima kasih atas masukan-masukannya, stay tune terus di Tokopedia ya ;)
      Belanja ga belanja yang penting ngumpul! ;)

  11. miranti oktafiani Says:

    menyarankan nih, gimana kalo d tiap foto tuh ada pilihan warna atau ukuran, jadi aku sebagai penjual ga perlu adding 1 baju dengan beberapa warna dan keterangannya 1-1, jadi kalo bisa di sekaligusin, dalam 1 foto udah bisa beberapa warna, dan pembeli jadinya bisa memlih warnnya..:)

    • William Tanuwijaya Says:

      Terima kasih masukannya Miranti. Ke depan untuk beberapa kategori, kami rencanakan ada perlakukan spesial, misalnya menentukan ukuran untuk kategori sepatu.

  12. Untara Says:

    .. seandainya ada fasilitas ‘shout out’ untuk calon buyer yang sedang mencari sesuatu .. tentu akan lebih asyik lagi ^_^

    misalnya:
    gw yg males ‘searching’ .. lagi cari jas ..
    trus gw shout out “hoi, gw lagi nyari jas buat kondangan ni .. trus sellers yg jualan jas langsung ramai2 ‘jemput bola’ nawarin jas … ^_^

    • William Tanuwijaya Says:

      Terima kasih masukannya Untara. Ke depan memang kami ada rencana untuk membuat fitur wishlist yang lebih dekat dengan nuansa social media.

  13. sten Says:

    tolong untuk bank dapat ditambahkan BNI agar lebih mempermudah bagi yang HANYA memiliki Rekening BNI…………tks

  14. aisyah Says:

    Featured shopnya belum ter-update secara otomatis ya? soalnya mestinya shopku masuk featured shop tapi ga masuk2..

    trus untuk kategori fashion & accesories saranku sih biar bisa lebih dijabarkan lagi karna terlalu luas cakupannya.

  15. wow Says:

    bravo tokopedia… situs yang simple dan inofatif,
    ada masukan nih,,,
    gimana kalo vitur “semua etalase” nya diambil / diwakilkan dari gambar masing-2 produk etalasenya, jadi bukan hasil up date yang terakhir, jadi lebih tampak variatif..
    thanx…

  16. v3 Says:

    tokopedia mantap jaya nih….

    gratis pula ….

    makasih ^ ^

  17. yasir Says:

    Makin mmantapp tokopedia deeeh,, mau nanya nih. Barang udah tiba ke pembeli tapi blm juga dikonfirm gmana tuuuh.. Udah 2 hari tiba

    • William Tanuwijaya Says:

      Hi Yasir, tidak perlu khawatir, apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi, di hari ke-3 setelah tracking order sistem Tokopedia menunjukkan telah delivered, transaksi akan dianggap selesai, dan saldo tokopedia Anda akan bertambah secara otomatis.
      Jika ada pertanyaan tambahan, jangan sungkan hubungi tim moderator kami via menu Contact Tokopedia untuk respon yang lebih cepat.

      Selamat berjualan kembali ;)

  18. Novy Says:

    saya mau tanya setiap browsing di halaman toko & membuka etalase selalu gambar produk tidak keluar. jadi setiap mencari barang selalu harus pakai search. kenapa ya? sorry kalo tanyanya di tempat yang salah. thx b4

    • William Tanuwijaya Says:

      Hi Novy, bisa hubungi kami via menu Contact dengan menyebutkan browser yang Anda pakai, dan informasi ISP yang dipakai? Agar mudah tim teknis kami menelusuri masalah yang terjadi. Novy pernah coba buka tokopedia via pc / laptop lain? Di tempat lain? Karena masalah seperti ini terkadang karena proxy ISP tertentu, atau settingan pada PC / laptop yang dipakai, dimana variasi penyebabnya sangat beragam. Terima kasih

  19. toko top japan Says:

    Terimakasih Tokopedia.
    Sudah saya cari – cari tempat belanja dan jualan praktis kemana- mana kayak di luar negeri ternyata ada disini….

    Usulan saya bagaimana kalau Tokopedia menyediakan kategori untuk barang yang lagi di sale.
    Tulisannya di buat besar, warna merah dan kedap – kedip gitu….he..

    Ini berguna untuk penjual yang ingin cepat menghabiskan stok barang dikarenakan ,misal : pakaian yang sudah hampir habis masa trendnya, makanan yang sudah dekat kadaluarsanya, toko yang lagi menawarkan harga promosi, dsb.
    Ini juga memudahkan pembeli mencari barang – barang murah dan lagi di sale.
    Mudah – mudahan usulan ini bermanfaat.
    Terimakasih
    toko top japan

    • William Tanuwijaya Says:

      Terima kasih atas masukannya Toko Top Japan. Ide ini sebenarnya dari dulu masuk dalam list todo kami. Hanya saja pertimbangannya takut di abuse oleh para penjual. Mengingat seluruh produk yang di upload adalah milik penjual, jika semua penjual kemudian menambahkan produk mereka ke fitur SALE, maka nantinya tidak ada fungsinya juga fitur ini. Mungkin ke depan jika diimplementasikan, akan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh penjual terlebih dahulu, mungkin fitur nya akan ada untuk featured shop, dengan limitasi produk yang bisa di SALE.

      Selamat bergabung dan semoga penjualannya laris yah di Tokopedia :)

  20. Lellyhan Says:

    Salam sejahtera buat tokopedia.

    Langsung aja yah.. ^.^

    Kapan pre order selling nya mau di launch? Sudah tidak sabar menunggu nih..

    Terimakasih [n_n]v

  21. erni ulita rosa Says:

    Tokopedia ada costumer service yang bisa ditelpon nya gag? Karena saya sudah transfer dan mengikuti prosedur tapi belum juga mendapat email konfirmasi barang akan di proses. Padahal waktunya 1×24 jam. Saya jadi biingung. Tidak tau mau mengadu kemana

    • William Tanuwijaya Says:

      Untuk menghubungi customer care kami bisa via:
      1. menu contact di website tokopedia.com
      2. email ke contact @ tokopedia.com
      3. telepon ke 021 5369 1015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: